11 Tips Sebelum Membeli Alat Pemadam Api Agar Tidak Keliru

Mempelajari tips sebelum membeli alat pemadam api ringan (APAR) menjadi hal yang sangat penting. Karena APAR sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dikesampingkan di era yang modern ini.

Banyaknya distributor APAR yang ada di Indonesia, pasti akan membuat Anda kebingungan. Selain itu, di setiap produsen/distributor juga memiliki kualitas dan harga yang berbeda-beda. Jadi, pastikan untuk mengikuti beberapa tips berikut ini.

Tips Sebelum Membeli Alat Pemadam Api Agar Sesuai Kebutuhan

Apakah selama ini Anda mengira bahwa semua APAR yang dijual di pasaran itu sama saja? Jadi, tidak masalah jika membeli APAR dengan bentuk apa saja. Tentu saja, itu adalah hal yang keliru. Sebelum membeli alat pemadam api, ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Ketahui Jenis APAR dan Kelas Kebakaran yang Ditangani

tips sebelum membeli alat pemadam api sesuai fungsi dan kelas kebakaran

Jenis APAR yang umum digunakan di Indonesia adalah powder, CO2, foam, dan liquid gas. Fungsi APAR berkaitan dengan kemampuannya dalam memadamkan api yang berasal dari sumber bahan tertentu dan dibagi menjadi beberapa kelas kebakaran.

Belum tahu apa itu kelas kebakaran? Anda bisa baca di sini …

Kebutuhan APAR untuk ruang kantor, panel listrik, dapur, ruang produksi, dan beberapa ruang lain tentu berbeda. Jadi, tips sebelum membeli alat pemadam api yang pertama adalah pilih jenis APAR dengan kelas kebakaran sesuai kebutuhan.

2. Pertimbangkan Kapasitas yang Dibutuhkan

Ketika berbelanja di distributor APAR terlengkap, Anda tentunya akan dihadapkan dengan berbagai pilihan ukuran. Biasanya, APAR tersedia dalam kapasitas 0,5 – 9 kg. Pilih kapasitas APAR yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan kapasitas APAR dengan lokasi penempatannya masing-masing. Ini bertujuan supaya tidak kerepotan untuk menggunakan APAR tersebut. Jika luas area terbatas, pilih APAR yang berukuran kecil seperti APAR 3 kg.

3. Tentukan Jumlah yang Perlu Disiapkan

tips sebelum membeli APAR

Tips sebelum membeli alat pemadam api berikutnya adalah harus menyediakan jumlah APAR sesuai dengan kebutuhan area yang diproteksi. Menurut standar penempatan APAR, setiap bangunan bertingkat perlu memiliki satu pemadam di setiap lantai.

Bagaimana cara menghitung kebutuhan APAR? Cek penjelasannya

Hal-Hal yang Harus Diteliti Sebelum Membeli Alat Pemadam Api

Agar bisa mendapatkan APAR yang bagus dan berkualitas, Anda bisa menerapkan beberapa tips dari kami. Di bawah ini merupakan beberapa tips sebelum membeli alat pemadam api yang bisa Anda terapkan:

4. Perhatikan Kondisi Komponen APAR

tips sebelum beli alat pemadam api

APAR yang berkualitas tentu akan dibekali dengan komponen yang dibuat dengan material berkualitas juga. Tips sebelum membeli alat pemadam api yaitu dengan melakukan pengecekan pada komponen APAR berikut ini:

  • Selang

Pastikan selang APAR dalam kondisi baik dan tidak terlihat retak maupun pecah. Karena selang yang retak maupun pecah kemungkinan besar akan mengalami kebocoran.

  • Nozzle

Anda juga bisa memeriksa pada bagian nozzle yang terpasang di ujung selang APAR. Pastikan ukurannya pas dan sesuai dengan selang yang digunakan. Sehingga tidak akan terlepas ketika media di dalam tabung dikeluarkan.

  • Tabung APAR

Tips sebelum membeli alat pemadam api selanjutnya adalah memperhatikan tabung APAR yang akan dibeli. Karena tabung merupakan bagian terpenting pada APAR.

Anda bisa memeriksa terlebih dahulu kondisi fisik APAR yang terlihat. Pastikan tabung yang Anda beli dalam keadaan mulus, tidak cacat, dan bentuknya bagus (tidak penyok).

  • Tuas/Handle

Tuas atau handle pada APAR ini merupakan salah satu komponen yang harus Anda periksa sebelum membeli. APAR yang bisa Anda beli adalah yang memiliki tuas/handle kokoh. Jadi, pastikan handle terpasang secara kencang dan tidak kendor.

  • Safety Pin

Mengecek safety pin adalah tips sebelum membeli alat pemadam api yang sangat penting. Apapun merek atau jenis APAR yang ingin Anda beli, pastikan memiliki safety pin yang masih utuh dan kondisinya baik.

5. Cek Tekanan Tabung 

Tips ini juga sangat penting untuk diperhatikan sebelum membeli alat pemadam api model stored pressure. Jadi, pastikan jarum pressure gauge pada tabung APAR menunjukkan ke arah zona hijau.

Itu artinya tekanan tabung APAR dalam kondisi normal. Begitu sebaliknya, jika berada di zona merah berarti tekanan APAR tidak dalam kondisi normal.

6. Ketahui Masa Kadaluarsanya

Tips sebelum membeli alat pemadam api yang tak kalah penting adalah mengetahui masa expired/kadaluarsa media pemadam api. Setiap APAR yang beredar di pasaran tentu saja memiliki masa kadaluarsa berbeda-beda.

Jadi, bertanyalah atau meminta katalog kepada penyedia APAR untuk mengetahui masa kadaluarsa masing-masing jenis media pemadam api. Dengan begitu, Anda tidak akan terlewat untuk melakukan isi ulang APAR.

7. Cek Fire Rating 

fire rating alat pemadam api

Fire rating adalah kemampuan sebuah alat pemadam api dalam memadamkan kebakaran yang ditandai dengan kode berupa huruf dan angka. Huruf menunjukkan kelas kebakaran, sedangkan nomor menunjukkan besarnya api yang bisa dipadamkan.

Kenapa tips harus tahu fire rating dahulu sebelum membeli alat pemadam api? Dengan mengetahui fire rating, maka pemilihan APAR akan lebih selektif sesuai kebutuhan Anda. Informasi kemampuan daya padam ini biasanya tertera pada tabung APAR.

Baca Juga:

Ingin Beli APAR ke Distributor Alat Pemadam Api? Jangan Lupa Hal Ini

Jika berencana membeli alat pemadam api, pastikan untuk mendapatkannya dari distributor APAR yang terpercaya. Perhatikan beberapa hal berikut ini saat membeli APAR di distributor:

8. Pastikan Sudah Teruji dan Tersertifikasi

beli alat pemadam api teruji dan tersertifikasi lab damkar dki jakarta

Sebelum membeli alat pemadam api, tips yang harus diingat adalah pastikan bahwa tempat yang menjual APAR sudah memenuhi persyaratan. Salah satunya adalah sudah teruji dan tersertifikasi oleh Lab Damkar DKI Jakarta

Dengan memilih APAR yang sudah teruji Lab Damkar DKI, maka kualitas alat pemadam tersebut sudah terjamin. Jadi, keamanan bisnis dan aset berharga Anda akan lebih terjaga.

9. Lihat Ulasan Pelanggan

Tips selanjutnya sebelum membeli alat pemadam api adalah dengan mencari tahu dan melihat review dari pelanggan yang sudah berbelanja di tempat tersebut. Anda bisa memanfaatkan media sosial dan website di internet.

Di zaman yang canggih seperti sekarang ini, internet menyediakan banyak informasi yang bisa Anda dapatkan. Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk menelusuri distributor APAR yang memiliki review terbaik.

10. Cari yang Ada Garansinya

tips beli alat pemadam api garansi 5 tahun

Tips sebelum membeli alat pemadam api yang tidak kalah penting adalah memastikan fasilitas garansi. Sudah semestinya Anda mendapatkan garansi resmi dari toko saat pembelian APAR. Baik itu garansi kerusakan maupun penurunan tekanan APAR.

11. Pastikan Keamanan dalam Pengiriman

Misalkan Anda berniat membeli APAR secara online, pastikan bahwa mereka juga memiliki sertifikasi keamanan untuk alat pemadam api ini. Bisa saja APAR yang dibeli rusak di perjalanan, hingga menyebabkan alat tidak bisa digunakan.

Tips sebelum membeli alat pemadam api di atas berlaku untuk untuk penggunaan APAR di rumah dan juga tempat publik, seperti kantor, rumah sakit, klinik, supermarket, hotel, pabrik, dan lain-lain.

Rekomendasi APAR Berkualitas Teruji Lab Damkar DKI Jakarta

Sebagai distributor alat pemadam api terpercaya, Bromindo menyajikan berbagai jenis APAR yang berkualitas. Kemudian untuk semua APAR yang tersedia di Bromindo, sudah dipastikan memiliki standar resmi.

alat pemadam api rekomendasi lab damkar dki jakarta

APAR merk GuardALL dan Firefix yang kami jual sudah tersertifikasi oleh Lab Damkar DKI Jakarta lho. Jadi, untuk kualitas tabung, komponen, dan juga medianya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Nah, jika Anda bertanya tentang masa kadaluarsanya, APAR GuardALL dan Firefix memiliki masa kadaluarsa sebagai berikut:

Tidak hanya itu, untuk setiap pembelian alat pemadam api di Bromindo juga akan kami berikan garansi resmi 5 tahun. Bagaimana, apakah Anda tertarik? Silahkan kunjungi toko online kami DI SINI untuk melakukan pembelian secara online.

Beli APAR di Bromindo, Gratis Aplikasi Firecek, lho! Apa itu Firecek? Yuk, Baca lebih lengkap di sini…

Nah, itulah beberapa tips sebelum membeli APAR. Sebagai distributor alat pemadam api terpercaya, kami selalu menerima konsultasi dari siapa saja secara gratis. Tim Bromindo juga dengan senang hati akan memberikan berbagai tips sebelum membeli alat pemadam api. Hubungi kami sekarang!

 

Recommended Posts

Leave a Comment

0