Fire Safety Security Solutions

Tips Sebelum Membeli Alat Pemadam Api

What Type Of Fire Extinguisher Do I Need?Alat Pemadam Api menjadi kebutuhan yang tidak bisa dikesampingkan di era yang modern ini. Setiap orang kini memiliki perhatian pada keselamatan baik di dalam rumah maupun di lingkungan sekitar. Hadirnya Alat Pemadam Api menjaga kita untuk makin waspada akan bencana yang tidak diinginkan, kebakaran salah satunya. Ketika membeli Alat Pemadam Api selalu pastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan Standar PMK dan memiliki sertifikat NFPA (Nasional Fire Protection Association). Carilah simbol-simbol tertentu yang menunjukkan keamanan dari alat ini dan juga untuk membuktikan sertifikasi yang benar. Tips Sebelum Membeli Alat Pemadam Api ini berlaku untuk Alat Pemadam Api untuk penggunaan di rumah dan juga tempat publik, seperti kantor, rumah sakit, klinik, supermarket dan lain-lain. Jika Anda berniat membeli Alat Pemadam Api ini secara online, pastikan bahwa mereka juga memiliki sertifikasi keamanan untuk Alat Pemadam Api ini. Sertifikat ini tidak hanya penting ketika sesaat setelah alat ini tiba di rumah, namun juga sangat penting untuk ketika berada di dalam perjalanan. Bisa saja Alat Pemadam Api ini rusak di perjalanan. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang jenis Alat Pemadam Api yang akan Anda beli,  maka konsultasikan pada unit pemadam kebakaran Anda setempat. Mereka akan senang untuk membantu Anda dan saran ahli dari mereka tentunya gratis. Mereka juga akan terkadang akan memberikan tips untuk mengatasi keadaan darurat ketika terjadi kebakaran untuk menjaga keselamatan Anda. Jika belum cukup, internet menyediakan banyak informasi yang akan Anda dapatkan, Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk menelusuri pabrik terbaik yang menyediakan Alat Pemadam Api berkualitas, baik dari keselamatan dan lain-lain, sehingga Anda lebih dapat berhati-hati dalam membeli Alat Pemadam Api ini untuk keselamatan dan menghindarkan Anda dari kejadian yang tidak diinginkan.

Tips Sebelum Membeli Alat Pemadam Api Ringan

Setelah Anda memiliki alat pemadam ringan ini, ada baiknya Anda mempelajari bagaimana cara mengatasi api ini dengan benar dan tepat, sehingga Anda dapat mengoptimalkan penggunaan Alat Pemadam Api ini. Banyak orang yang dapat memadamkan api kecil aman. Namun, beberapa orang terluka ketika mengatasi api yang berada di luar kemampuan mereka. Supaya anda dapat menemukan alat pemadam api yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda harus memaahami klasifikasi kebakaran berikut:
Ada lima jenis klasifikasi kebakaran yang bisa dibedakan untuk memilih pemadam api ringan yang tepat, yakni A, B, C, D dan F. Pada mulanya, tipe kebakaran ini hanya dibagi menjadi empat, namun tipe F yang terakhir merupakan tipe baru yang dikenalkan akhir-akhir ini. Mari kita kenali kelima jenis kebakaran ini.

    • Tipe A: Kebakaran di tipe A ini sangat umum dikenali dan merupakan tipe kebakaran dasar yang bisa diatasi dengan menggunakan pemadam api ringan dengan bahan dasar air. Pemadam api ringan berbahan dasar air ini sangat mudah untuk menghalau kebakaran tipe A. Kebakaran tipe A ini merupakan kebakaran yang melibatkan kertas, kayu, tekstil, dan plastik. Bahan kimia utama yang digunakan untuk melawan kebakaran ini adalah monoamonium fosfat yang biasanya juga dicampurkan ke dalam pemadam api ringan dengan bahan air karena kemampuannya untuk memadamkan kebakaran dengan cepat.
    • Tipe B: Kebakaran tipe B ini juga sangat dikenal umum dan dapat dipadamkan dengan pemadam api ringan dengan bahan air campuran yang biasanya adalah monoamonium fosfat. Kebakaran tipe B ini merupakan api yang bersumber dari bahan cairan yang mudah terbakar. Cairan berbahaya ini seperti minyak, bensin, minyak tanah atau cat yang biasanya tak sengaja tersulut. Dua bahan kimia yang umum digunakan pemadam api ringan yang efektif selain monoamonium fosfat dalam memerangi jenis kebakaran ini adalah natrium bikarbonat yang dapat menginduksi reaksi kimia yang memadamkan api.
    • Tipe C: Kebakaran tipe C ini dapat dipadamkan dengan pemadam api ringan yang menggunakan bahan kimia fosfat monoamonium dan natrium bikarbonat. Kebakaran tipe C ini bersumber dari arus listrik yang tidak cocok diatasi dengan menggunakan pemadam api ringan dari bahan air yang malah membahayakan. Kedua bahan kimia yang digunakan pada pemadam api ringan ini biasanya digunakan untuk melawan jenis api karena sifat konduktif mereka.
    • Tipe D: Kebakaran tipe D biasanya bersumber dari bahan metal yang sudah menjadi bubuk dan menggunakan pemadam api ringan yang juga membawa bahan khusus dan biasanya merupakan bahan kimia.
    • Tipe F: Terakhir yang masuk ke dalam kelas adalah tipe F, di mana tipe F ini merupakan sumber api yang berasal dari bahan-bahan di dapur ketika memasak. Untuk tipe kebakaran ini, Anda bisa menggunakan pemadam api ringan untuk tipe B dan C.

Setelah anda memahami penjelasan di atas, anda dapat mengidentifikasi bahaya yang mungkin akan timbul, sehingga alat pemadam yang anda beli sesuai dengan kegunaannya.

Bromindo Fire Safety Security Solutions
Bromindo memberi layanan secara komprehensif dari perencanaan hingga perawatan. Solusi cerdas serta produk yang inovatif memberi perlindungan terpercaya untuk menjaga bisnis dan investasi anda.