Fire Safety Security Solutions

Alat Pemadam Kebakaran Untuk Mobil

Alat Pemadam Kebakaran Untuk Mobil

Saat ini banyak Produsen Mobil terkenal yang menarik perhatian pelanggannya dengan memberikan penawaran produk yang variatif, harga yang murah namun juga dengan jaminan keamanan yang tinggi. Namun pada kenyataanya, resiko terhadap kecelakaan selalu ada. misalnya kebakaran pada kendaraan yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Hal ini dikarenakan bahan bakar yang digunakan berupa bensin atau gas yang merupakan bahan kimia dengan sifat mudah terbakar (flammable), apabila mengalami gesekan yang dapat menimbulkan percikan api dan kemudian bereaksi dengan oksigen di lingkungan dalam mesin maka kebakaran pada kendaraan tak dapat dihindari. Selain dari pergesekan dalam saluran bahan bakar, sumber kebakaran yang sering terjadi adalah akibat kelistrikan pada mesin yang dapat menyebabkan arus pendek. Oleh sebab itu, perlu adanya perangkat keamanan dalam kendaraan agar perjalanan yang dilakukan dapat bersifat aman dan nyaman misalnya dengan menyiapkan Alat Pemadam Kebakaran Untuk Mobil yang dirancang khusus untuk kendaraan dan bersifat potable atau dapat dibawa kemana-mana.

Ukuran Alat Pemadam Kebakaran Untuk Mobil

Ukuran alat pemadam kebakaran untuk Mobil bermacam-macam, dapat diklasifikasikan berdasarkan bahan kimia yang digunakan dalam tabungnya. Selain itu ukuran berat juga merupakan prioritas dalam pemilihan alat pemadam kebakaran untuk mobil. Berat ideal pada alat pemadam ini adalah sekitar 2 lb atau 1 kg, jenis ini sangat cocok digunakan untuk seluruh jenis kendaraan karena mudah disimpan di seluruh bagian kendaraan. Ukuran yang ideal memudahkan pengguna untuk membawa kemana-mana dan menyimpannya. Umumnya alat pemadam kebakaran tidak boleh lebih berat dari 5 lb atau 2,3 kg. Alat pemadam kebakaran yang dijual secara komersil harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh NFPA atau standart Negara tempat dijualnya alat tersebut.

Alat pemadam kebakaran secara umum dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis bahan yang ada di dalam alat pemadam kebakaran. Jenis yang paling cocok untuk kendaraan adalah menggunakan serbuk kering. Serbuk ini dapat memutuskan salah satu bahan yang membentuk segitiga api yaitu dengan melapisi sumber api dengan serbuk sehingga oksigen tidak dapat bereaksi. Oksigen merupakan peranan penting dalam reaksi kebakaran. Hal ini dapat dilihat dari reaksi pembakaran etilen dibawah ini

C2H4 + O2

CO2 + H2O

Dengan memutuskan atau meniadakan oksigen dalam reaksi maka pembakaran tidak akan terjadi.

Sifat Alat Pemadam Kebakaran Untuk Mobil

Selain itu sifat dari serbuk kering tidak menghantarkan arus listrik sehingga tidak menyebabkan sengatan listrik bagi penggunanya. Serbuk kering juga berfungsi menyerap gas karbon monoksida dan dioksida yang terbentuk akibat reaksi pembakaran sehingga pengguna kendaraan tidak mengalami keracunan gas tersebut. Pada umumnya, serbuk kering sering juga digunakan pada kebakaran akibat arus listrik pendek.

Alat pemadam kebakaran untuk mobil merupakan perangkat penting untuk keamanan dalam perjalanan, oleh sebab itu perlu diperhatikan kualitas dari alat ini. berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan

  • Ukuran yang ideal adalah 2 lb (1kg)
  • Bentuk dari alat pemadam yang ideal adalah panjang, padat dan silinder
  • Bahan konstruksi yang digunakan sebaiknya dari aluminium yang tahan terhadap korosi
  • Dapat diisi ulang
  • Mudah digunakan
  • Jaminannya baik – untuk melindungi alat dari kerusakan
  • membeli alat pemadam kebakaran untuk mobil yang bersertifikasi dari dinas terkait

 

Servis alat pemadam kebakaran untuk mobil sama dengan tindakan servis alat pemadam pada umumnya. sehingga dapat digunakan kembali atau diganti medianya saat kadaluarsa. Tentu saja, hal ini dilakukan untuk memastikan alat pemadam api dapat berfungsi dengan baik ketika digunakan.

Bromindo Fire Safety Security Solutions
Bromindo memberi layanan secara komprehensif dari perencanaan hingga perawatan. Solusi cerdas serta produk yang inovatif memberi perlindungan terpercaya untuk menjaga bisnis dan investasi anda.