Apa Jenis Alat Pemadam Kebakaran untuk Mobil yang Tepat? Ini Penjelasannya

Kasus kebakaran mobil dapat terjadi, meskipun tidak sebanyak kasus kebakaran lainnya. Perawatan dan pemeliharaan rutin menjadi cara terbaik untuk mengurangi risiko kebakaran mobil. Selain itu, Anda juga perlu menyediakan alat pemadam kebakaran untuk mobil.

Menyediakan APAR mobil sangat penting untuk melindungi keselamatan penumpang. Dengan tersedianya alat pemadam api di mobil, maka bisa mempercepat respons terhadap kebakaran, sehingga bisa meminimalisir berbagai kerugian akibat kebakaran.

Kenali 5 Penyebab Kebakaran Mobil yang Harus Diwaspadai

alat pemadam kebakaran untuk mobil terbaik

Kebakaran pada kendaraan tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Namun, ada beberapa kondisi paling umum yang menjadi penyebab kebakaran mobil. Berikut ini adalah penyebab umum kebakaran mobil yang harus diwaspadai.

1. Sistem Bahan Bakar yang Bocor

Kebocoran sistem bahan bakar pada mobil, seperti pada saluran bahan bakar, tangki bahan bakar, atau injektor yang rusak juga dapat menyebabkan bahan bakar bocor. Saat bahan bakar bocor dan terpapar panas maupun percikan api, maka akan memicu kebakaran.

2. Overheating Mesin

Panas berlebih pada mesin mobil bisa mengakibatkan kebakaran. Hal ini dapat terjadi apabila mesin mobil mengalami masalah, seperti kegagalan sistem pendinginan, kebocoran pendingin, atau overheat akibat kelebihan beban dan penggunaan mesin yang berlebihan.

3. Kerusakan Pada Komponen Listrik

alat pemadam kebakaran untuk mobil teruji damkar

Adanya kerusakan pada komponen listrik seperti kabel, saklar, dan pengapian dapat menjadi penyebab mobil terbakar. Jika komponen tersebut mengalami kerusakan atau mengalami hubungan pendek, maka akan terjadi panas berlebihan atau muncul percikan api yang menyebabkan kebakaran.

Baca juga:

4. Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Menggunakan bahan bakar mobil yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil bisa meningkatkan risiko terjadinya kebakaran. Hal ini akan menghasilkan suhu yang sangat tinggi, sehingga memicu kebakaran.

5. Penanganan yang Kurang Tepat

Penanganan yang dilakukan kurang sesuai terhadap bahan bakar dan cairan mudah terbakar akan meningkatkan risiko kebakaran mobil. Misalnya, menyimpan bahan bakar di wadah yang tidak aman dan mengisi bahan bakar ketika mesin sedang overheat.

Pentingnya Menyediakan Alat Pemadam Kebakaran untuk Mobil

Alat pemadam kebakaran untuk mobil atau APAR mobil adalah sebuah alat pemadam kebakaran portable yang didesain khusus untuk digunakan di dalam kendaraan bermotor, seperti mobil, truk, dan kendaraan lainnya.

alat pemadam kebakaran untuk mobil garansi 5 tahun

Fungsi utama APAR mobil adalah untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di sebuah kendaraan. Saat terjadi kebakaran kecil pada kendaraan, APAR mobil bisa langsung digunakan untuk menyemprotkan media pemadam api ke sumber api.

APAR mobil akan membantu memadamkan atau mengendalikan api sebelum kebakaran menjadi semakin parah dan menyebar ke bagian lainnya. Dengan begitu, maka bisa menyelamatkan aset mobil dan semua nyawa penumpang di dalamnya.

APAR mobil terdiri dari tabung yang berisi bahan pemadam kebakaran dan dilengkapi dengan nozzle atau alat semprot. Nozzle memungkinkan pelepasan bahan pemadam api dari dalam tabung dapat terkontrol dan terarah dengan baik ke titik api.

Alat pemadam kebakaran untuk mobil ini memiliki ukuran yang relatif kecil, sehingga mudah dibawa dan disimpan di dalam mobil. Biasanya, alat pemadam kebakaran untuk mobil ditempatkan di dalam ruang kabin, dashboard, atau di bawah jok penumpang.

Tips Pilih Alat Pemadam Kebakaran untuk Mobil yang Tepat

Saat memilih APAR mobil, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Tujuannya agar bisa menggunakan APAR mobil yang tepat sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa tips memilih alat pemadam kebakaran untuk mobil.

1. Perhatikan Dimensi dan Berat APAR

alat pemadam kebakaran untuk mobil bergaransi

Penting bagi Anda memilih alat pemadam kebakaran untuk mobil yang ukurannya cukup kecil dan ringan. Tujuannya agar mudah dibawa dan disimpan di dalam mobil Anda. Jadi, perhatikan dimensi dan juga beratnya supaya mudah diakses saat diperlukan dalam kondisi darurat.

Berat ideal pada alat pemadam kebakaran untuk mobil adalah sekitar 2 lb atau 1 kg. APAR ini sangat cocok digunakan untuk semua jenis kendaraan karena mudah disimpan di seluruh bagian kendaraan.

2. Pastikan Kapasitas Pemadam Memadai

Cek berapa kapasitas pemadam api yang tercantum pada tabung APAR. Kapasitas tersebut mengacu pada jumlah bahan pemadam api yang ada di dalamnya. Pilihlah APAR yang kapasitasnya memadai untuk memadamkan kebakaran di mobil.

3. Cek Kualitas dan Sertifikasi

Pilih APAR mobil berkualitas yang sudah melewati sertifikasi yang relevan. Pastikan APAR tersebut telah memenuhi standar keamanan dan kualitas yang telah ditetapkan oleh lembaga yang berwenang, seperti APAR mobil Firefix yang sudah bersertifikat Lab Damkar DKI Jakarta.

Berapa harga APAR mobil terbaik rekomendasi Damkar? Cek DISINI!

4. Pilih Bahan Pemadam yang Efektif

alat pemadam kebakaran untuk mobil ampuh padakan api hitungan detik

Ada beberapa jenis media pemadam api yang biasa digunakan pada APAR, seperti powder, CO2, foam, dan liquid gas. Bahan pemadam dry chemical powder direkomendasikan untuk memproteksi mobil karena efektif untuk mengatasi kebakaran kelas A, B, C pada mobil.

Serbuk kimia kering akan melapisi sumber api, sehingga memutuskan reaksi oksigen pada segitiga api. Oksigen berperan penting dalam reaksi pembakaran. Dengan memutus oksigen, maka pembakaran tidak akan terjadi.

5. Pilih yang Mudah Digunakan

Ada baiknya untuk memilih alat pemadam kebakaran untuk mobil yang dilengkapi dengan instruksi penggunaan APAR yang jelas serta mudah dipahami. Pastikan bahwa Anda sudah memahami bagaimana cara penggunaan APAR mobil tersebut dengan benar.

6. Cek Perawatan dan Masa Pakai

Jangan lupa untuk melakukan perawatan yang diperlukan. Cek masa pakai APAR mobil tersebut. Beberapa APAR membutuhkan perawatan berkala dan isi ulang selama periode tertentu. Pastikan Anda mematuhi panduan perawatan APAR dan refill APAR yang disediakan.

Penting bagi Anda untuk mendapatkan pelatihan menggunakan alat pemadam kebakaran mobil tersebut. Pemahaman yang baik tentang cara mengatasi kebakaran di mobil bisa membantu Anda dalam situasi darurat.

Alat Pemadam Kebakaran untuk Mobil Terbaik, Teruji Mampu Tuntaskan Api Dalam Hitungan Detik

alat pemadam kebakaran untuk mobil berkualitas

Kasus kebakaran mobil sering kali dimulai dari kejadian kecil, seperti korsleting listrik dan kebocoran bahan bakar. Pada kasus seperti ini, APAR menjadi sangat penting untuk menangani kebakaran di tahap awal sebelum api semakin merambat.

Penting bagi Anda untuk memastikan bahwa alat pemadam kebakaran untuk mobil dalam kondisi baik, mudah diakses, dan sesuai standar keamanan. Oleh karena itu, Anda harus memilih alat pemadam kebakaran untuk mobil yang berkualitas dan sesuai standar.

APAR mobil Firefix adalah solusi terbaik bagi Anda yang ingin terlindungi selama berkendara. Daya padam APAR mobil Firefix telah diuji dan disertifikasi langsung oleh Lab Damkar DKI Jakarta dengan nomor LAB-DAMKAR-DKI-NO.11/LHU/I/2020.

Firefix menggunakan media pemadam api terbaik dengan kandungan phosphate lebih tinggi dibanding APAR lain pada umumnya. APAR mobil Firefix menggunakan media dry chemical powder dengan kandungan phosphate 70%, sehingga api bisa padam lebih cepat.

Dengan menggunakan APAR mobil berkualitas dan bersertifikasi resmi, maka Anda akan merasa lebih aman dan nyaman selama berkendara. Yuk, beli APAR mobil Firefix untuk menjaga keselamatan kendaraan dan orang-orang tersayang!

Recommended Posts

Leave a Comment

0